SHARE
Tips Nikmati Keunikan Bunga Rafflesia Arnoldi

Tips Nikmati Keunikan Bunga Rafflesia Arnoldi. Travellers, apakah anda memiliki rencana untuk melihat dan menikmati keindahan bunga Rafflesia Arnoldi atau padma raksasa dalam waktu dekat ini? Baik, jika memang iya tak harus terburu-buru.

Untuk mencari bunga Rafflesia yang sedang mekar sempurna bukan hal yang mudah seperti bayangan kita. Rafflesia Arnoldi adalah tumbuhan yang berkembang secara sporadis. Sehingga akan sulit untuk diprediksi kapan bunga tersebut akan mekar dan kapan akan mati.

Selain itu bunga Rafflesia Arnoldi juga sangat sensitif terhadap cuaca di sekitarnya. Sehingga penentuan waktu kunjungan penting untuk diperhatikan, jadi sangat terburu-buru untuk melakukan perjalanan.

Nah bagi anda yang sedang menuggu waktu tepat, Java Wisata akan membagikan informasinya. Jadi anda akan dapat menikmati keindahan bunga Rafflesia sambil menambah wawasan melalui artikel ini. Tips Nikmati Keunikan Bunga Rafflesia Arnoldi.

Tips Nikmati Keunikan Bunga Rafflesia Arnoldi

  1. Mencari bulan mekar bunga Rafflesia Arnoldi

Mungkin sulit untuk mendapatkan waktu subuh bunga rafflesia ini. Tapi bagi para peneliliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia memastikan bulan mekarnya pada bulan Juni, Juli dan Agustus. Jadi selain ketiga bulan tersebut dapat dipastikan Rafflesia Arnoldi belum tumbuh dengan sempurna.

>> Pilih paket wisata ini : Paket Tour Singapore 3 Hari 2 Malam

  1. Maksimalkan waktu

Tips Nikmati Keunikan Bunga Rafflesia Arnoldi. Untuk tumbuh, bunga Rafflesia Arnoldi membutuhkan sembilan bulan. Tapi sayangnya, anda hanya akan diberi waktu 5 sampai 7 hari saja untuk menikmati sang bunga raksasa ini mekar. Setelah itu, bunga Rafflesia Arnoldi akan layu dan mati. Jadi sebaiknya maksimalkan waktu yang ada.

Tips Nikmati Keunikan Bunga Rafflesia Arnoldi

  1. Perhatikan lokasi tumbuh

Rafflesia Arnoldi tumbuh baik di dalam hutan pegunungan dan dataran rendah di daerah tropis. Di negara Indonesia sendiri, Bengkulu adalah habitat terbaik bagi bunga raksasa itu. Sedangkan Pulau Jawa, daerah Pangandaran adalah kawasan terbaik untuk berburu bunga Rafflesia Arnoldi.

  1. Menjauhi inang

Melihat bukan berarti merusak tapi lebih tepatnya menikmati. Sejak bunga rafflesia arnoldi bergantung pada inang pastikan anda tidak menginjaknya ketika akan mengambil gambar atau hanya untuk sekedar mengamatinya. Jika bunga Rafflesia Arnoldi ini rusak maka akan sangat mempercepat kematiannya.

  1. Selalu jarak lima meter

Tips Nikmati Keunikan Bunga Rafflesia Arnoldi. Agar terhindar dari kerusakan anda sebaiknya menerapkan jarak lima meter. Lebih disarankan untuk berdiir dalam jarak lima meter ini agar bunga tetap hidup dan tidak terganggu. Karena yang ditakutkan adalah inang akan rusak jika didatangi oleh orang yang ceroboh.

Tips Nikmati Keunikan Bunga Rafflesia Arnoldi

  1. Menghindari kontak fisik langsung

Kontak fisik dengan Bunga Rafflesia Arnoldi adalah hal yang mengancam hidupnya. Selian dapat merusak tapi jika menyentuh bunga rafflesia arnoldi dengan tangan dapat mengakibatkan terjadinya transfer bakteri. Pasalnya, bunga rafflesia arnoldi merupakan jenis tumbuhan parasi dengan habitatnya di hutan tropis dan memiliki banyak bakteri alam.

>> Klik : Paket Wisata Legoland Malaysia Murah

  1. Mengajak tour guide

Jika anda merasa tidak memiliki banyak pengetahuan tentang bunga Rafflesia Arnoldi jangan mau untuk meminta bantuan kepada tour guide. Karena dengan meminta bantuan tour guide anda akan dijamin keamanannya selama berada di hutan.

Selain akan memudahkan anda untuk menemukan lokasi Rafflesia Arnoldi, anda akan mendapatkan banyak masukan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika melihat dan menikmati pesona bunga Rafflesia Arnoldi.

Bunga bangkai Rafflesia Arnoldi ini adalah salah satu keunikan flora yang ada di Indonesia. selain itu, masih banyak lagi jenis flora lain yang dapat anda nikmati keunikannya. Jadi jangan hanya diam di rumah, yuk kita jelajahi alam Indonesia yang luar biasa itu.

Setelah mengetahui waktu terbaik menikmati keunikan bunga rafflesia arnoldi, sekarang kita akan membahas tentang fakta unik dan menariknya seperti berikut :

Tips Nikmati Keunikan Bunga Rafflesia Arnoldi

  1. Memiliki bau busuk

Tips Nikmati Keunikan Bunga Rafflesia Arnoldi. Bau busuk bungan ini biasanya sangat disukai eleh lalat dan serangga lain untuk hinggap dan karena mereka menyangka itu adalah bau daging busuk. Ini merupakan cara bunga rafflesia untuk dapat bertahan hidup meskipun lalat dan seranggga hinggap.

Tips Nikmati Keunikan Bunga Rafflesia Arnoldi

  1. Asal nama bunga Rafflesia Arnoldi

Penemu bunga bangkai ini adalah seorang botani Inggris yang bernama Dr. James Arnold (1782 – 1818), negarawan Sir Thomas Stamford Bingley Raffles (1781 – 1826) pada tahun 1818 lalu. Arlond tekrena deman dan meninggal tak lama setelah penemuannya. Maka penamaan bunga ini diberikan untuk menghormati keduanya.

  1. Termasuk jenis bunga nasional Indonesia

Rafflesia Arnoldi dianggap sebagai salah satu bunga Nasional Indonesia. Dan peringatan itu ditetapkan setiap tanggal 9 Januari sebagai hari penetapan bungan nasional.

  1. Jumlah jantan dan betina tidak seimbang

Tanaman jantan rafflesia lebih banyak dibandingkan dengan betina, disproporsi besar ini juga merupakan kerugian bagi penyebaran spesies jenis ini. Karena kemungkinan terbatas untuk jantan dan betina mekar, dan ditemukan cukup dekat pada saat bersamaan jdai penyerbukan itu bisa terjadi.

  1. Penyebaran spesies

Rafflesia Arnoldi setidaknya memiliki 20 jenis spesis yang ada di dunia. Indonesia dan Malaysia masing-masing memiliki delapan jeis spesies bunga. Dan sisanya tersebar di negara Filipina dan Thailand.

>> Klik juga : Harga Paket Wisata Murah ke Malaysia